Persiapan Membangun Laboratorium Komputer untuk Sekolah

Di tengah kemajuan digitalisasi yang pesat, pendidikan komputer harus diajarkan mulai dari sekolah hingga seterusnya.

Oleh karena itu, keberadaan ruang Laboratorium komputer di sekolah menjadi suatu keharusan. Kewajiban mendirikan ruang komputer sekolah untuk seluruh sekolah di Indonesia diatur dalam Pasal 43 Peraturan Pemerintah (PP).
Bagi Anda yang berencana membangun lab komputer, baik untuk perlengkapan sekolah maupun kelas komputer, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Simak penjelasannya di bawah ini!

Ukuran standar ruang laboratorium komputer sekolah
Tentu saja, untuk menyiapkan ruang komputer, ruangan harus disiapkan terlebih dahulu. Aturan ruang komputer yang ideal di sekolah diatur dalam Permendiknas No. 24 Tahun 2007. Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa ruang standar ruang komputer dapat menampung minimal satu kelompok belajar dengan kelompok terdiri dari 2 orang.
Rasio luas ruang komputer yang direkomendasikan adalah 2 meter persegi per siswa. Artinya jika ingin menampung 15 siswa di dalamnya, luas kamar minimal 30 meter persegi. Lebar minimum untuk ruang laboratorium adalah 5 meter.

Membuat desain lab komputer
Setelah ruang tersedia, saatnya membuat desain atau denah lantai. Adanya rencana memudahkan untuk mengatur dimana meja guru dan bagaimana meja lab komputer siswa diatur. Dengan penataan yang tepat, pemasangan jaringan akan lebih mudah dan proses pembelajaran menjadi efisien.
Secara umum, ada dua jenis desain lab komputer sekolah. Yang pertama adalah desain klasik. Desain ini mirip dengan ruang kelas. Meja guru berada di depan berhadapan dengan meja siswa dengan unit komputer.
Pada desain ruang komputer ini, area meja guru juga dilengkapi dengan papan tulis dan layar proyeksi. Desain ini memudahkan siswa untuk berkonsentrasi karena guru berada pada posisi sentral. Sayangnya, ruang tersebut terkesan sempit karena desainnya yang klasik. Selain itu, guru tidak bisa leluasa memantau semua siswa, terutama siswa yang berada di barisan paling belakang.
Yang kedua adalah desain alternatif. Desain ini memungkinkan guru untuk bergerak bebas ke berbagai sudut ruangan untuk memantau semua siswa. Desain ini tampil lebih lebar dari desain klasik. Di sisi lain, desain klasik memiliki beberapa kelemahan, yaitu siswa cepat lelah karena mengikuti posisi guru yang selalu berubah-ubah.

Siapkan daftar perlengkapan lab komputer sekolah
Setelah menentukan jenis desain yang ingin digunakan untuk ruang lab, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pembelian peralatan atau daftar kebutuhan lab komputer sekolah. Berbagai alat dan bahan tersebut mendukung kegiatan yang dilakukan di laboratorium komputer.

meja dan kursi laboratorium
Sebagai standar, meja lab komputer harus menampung satu unit komputer yang digunakan untuk 2 orang mahasiswa. Jika CPU diletakkan di bawah, dudukannya harus setinggi 15 cm agar kaki siswa dapat masuk ke bawah meja. Meja guru memiliki standar yang sama dan harus mudah dipindahkan.
Sediakan kursi guru dan siswa yang sesuai dan dukung posisi belajar yang nyaman. Setiap siswa harus duduk di kursi.

perangkat komputer
Disediakan set komputer, 1 set untuk 2 siswa dan 1 set untuk guru. Ukuran monitor minimum adalah 15 inci. Komputer harus memiliki spesifikasi yang memadai untuk mendukung materi pembelajaran.

Kabel dan berbagai aksesoris lainnya
Kabel di ruang komputer digunakan tidak hanya untuk menghubungkan setiap kelompok komputer, tetapi juga untuk menghubungkan semua komputer di jaringan LAN dan jaringan Internet. Panjang kabel yang dibutuhkan tergantung pada jumlah komputer di lab. Selain kabel, ruang komputer dilengkapi dengan berbagai perangkat tambahan, antara lain:

printer dan pemindai. Setiap ruang komputer harus memiliki unit printer dan pemindai. Saat ini, banyak printer yang dilengkapi dengan pemindai, sehingga Anda tidak perlu membelinya secara terpisah.
titik akses internet. Untuk memaksimalkan proses pembelajaran, jaringan internet harus disediakan baik melalui saluran telepon maupun jaringan nirkabel (WiFi).
Stabilisator. Setiap unit komputer dilengkapi dengan stabilizer agar tegangan listrik yang masuk dapat tetap stabil. Menggunakan stabilizer membuat unit komputer awet dan tidak mudah rusak.
Satu set modul latihan per komputer.
papan tulis. Papan tulis diperlukan agar guru atau pelatih dapat dengan mudah menjelaskan materi. Jika dana memungkinkan, Anda juga dapat menambahkan proyektor dan layar untuk memaksimalkan proses pembelajaran.

Itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk membangun ruang komputer.

Semoga artikel ini bermanfaat yaa, Baca juga artikel : Jamaah haji tidak Selfie berlebihan

Leave a Comment