7 Materi Wajib Sekolah Persiapkan Sistem Pendidikan Digital

Sistem pendidikan digital saat ini sudah menjadi kebutuhan. Setiap lembaga pendidikan wajib menyiapkan berbagai peralatan sekolah teknologi.

Apakah kamu mengenal Sistem pendidikan digital?

Transformasi digital merupakan keniscayaan saat ini dan perlu dilakukan di berbagai bidang, termasuk dunia pendidikan.

Proses transformasi digital dapat mendukung sekolah dalam mendorong kualitas pendidikan yang lebih modern.

Anda hanya perlu menyiapkan perlengkapan penunjang sekolah sesuai dengan kebutuhan.
Lalu apa saja perangkat pendukung yang perlu disediakan untuk mewujudkan sistem pendidikan digital di sekolah? Berikut 7 perlengkapan wajib yang perlu Anda siapkan:

1. Jaringan internet Wi-Fi

Sistem pendidikan digital dapat berfungsi dengan lancar dengan dukungan koneksi internet yang baik. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan jaringan internet WiFi di lingkungan sekolah. Kehadiran jaringan WiFi memungkinkan siswa dan guru untuk mengakses internet dengan nyaman.
Untuk kebutuhan jaringan Internet WiFi, Anda bisa menggunakan jasa berbagai Internet Service Provider (ISP) yang ada di pasaran. Pilih layanan yang dapat memberikan koneksi internet yang cepat dan stabil. Jika perlu, Anda juga dapat memilih layanan Internet khusus, yang biasanya digunakan untuk area bisnis.

2. Platform Sistem Manajemen Pembelajaran

Setelah menyiapkan koneksi internet yang baik, Anda perlu menerapkan platform Learning Management System (LMS) yang berfungsi seperti kursus online. LMS memiliki banyak fitur yang dapat mendukung proses pembelajaran online. Fitur-fitur ini meliputi:

  • Arsip tema
  • sistem kehadiran
  • Kerjasama dan komunikasi antara siswa dan guru
  • Memantau aktivitas belajar siswa dengan mudah
  • streaming langsung dan lainnya

Semua fitur tersebut menjadikan LMS sebagai perlengkapan sekolah untuk anak SD, SMP atau SMA yang wajib Anda sediakan. Keberadaannya membuat proses belajar anak lebih menyenangkan dan interaktif.

3. Perangkat smartphone untuk siswa

Smartphone dulunya adalah barang terlarang untuk dibawa ke sekolah. Namun, situasi saat ini sangat berbeda. Smartphone merupakan perlengkapan sekolah untuk anak SMA, SMP, bahkan SD. Kehadiran smartphone memungkinkan siswa untuk mengikuti materi yang disampaikan oleh guru.
Sekolah dapat menyediakan beberapa smartphone untuk mendukung pembelajaran siswa. Dengan demikian, setiap siswa atau guru tidak akan mengalami kendala dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran hanya karena kurangnya perangkat pendukung.

4. Papan tulis interaktif

Materi sekolah yang tidak kalah penting untuk anak SMP dan SMA adalah hadirnya papan tulis interaktif. Tidak seperti papan tulis tradisional, papan tulis interaktif adalah papan layar sentuh yang terhubung ke komputer. Karena terhubung ke komputer, layar interaktif dapat merekam informasi apa pun yang ditulis.
Ada banyak manfaat menggunakan papan tulis interaktif saat menggunakannya sebagai alat presentasi. Papan ini memberikan kemudahan untuk proofreading selama presentasi. Hal ini memungkinkan siswa untuk memahami kesalahan yang mereka buat sekaligus menerima koreksi dari guru.

5. Sistem Manajemen Sekolah

Selain LMS, Anda juga perlu menyediakan platform bernama School Management System. Jika LMS memiliki hubungan yang erat dengan sarana penunjang kegiatan pembelajaran, maka sistem manajemen sekolah memiliki peran terkait dengan pengelolaan operasional sekolah secara digital dan otomatis.
Penggunaan sistem manajemen sekolah memudahkan guru untuk mengevaluasi proses belajar siswa. Semua data keterampilan siswa tercatat dengan jelas dalam sistem. Selain itu, penggunaan alat ini juga membuat proses administrasi menjadi lebih efektif dan meningkatkan produktivitas kerja staf sekolah.

6. Materi Pembelajaran Digital

Perlengkapan SD, SMP, dan SMA Yang tak kalah penting adalah ketersediaan materi pembelajaran digital. Anda perlu menyiapkan materi tidak hanya berupa buku elektronik. Namun, Anda juga harus menyampaikannya dalam bentuk gambar, infografis atau video.
Penggunaan bahan dalam bentuk yang berbeda membuat proses belajar mengajar lebih menyenangkan. Oleh karena itu, guru harus mampu membuat konten pembelajaran yang interaktif. Sebagai solusi, sekolah dapat menawarkan pelatihan yang sesuai.

7. Laboratorium komputer yang memadai

Fasilitas terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah keberadaan lab komputer. Keberadaan lab komputer penting untuk menunjang kegiatan pembelajaran digital di sekolah.
Laboratorium komputer merupakan tempat yang tepat bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan di bidang IT. Sekolah juga dapat menyediakan komputer dengan spesifikasi jika diperlukan.
Untuk aktivitas berat seperti desain grafis, coding, editing video, dll, Anda perlu menyiapkan komputer dengan performa tinggi. Saat menggunakan komputer untuk mempelajari aplikasi perkantoran, spesifikasi yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi.

Nah, itulah informasi tentang 7 materi sekolah yang perlu Anda persiapkan untuk membuat sistem pendidikan digital. Semua perangkat tersebut dapat Anda penuhi dengan ketersediaan dana yang cukup.
Kabar baiknya saat ini ada solusi pinjaman modal kerja dari Pintek yang bisa Anda gunakan.

Dengan solusi ini, sekolah dapat meningkatkan kualitas fasilitasnya agar lebih modern. Jadi apakah tidak ada alasan untuk tidak meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah?
Semoga artikel ini bermanfaat !

Leave a Comment