Inilah Manfaat Asuransi bagi UMKM !

Adanya berbagai jenis produk asuransi Kesehatan yang ada saat ini tentunya bukan tanpa alasan. Karena pada dasarnya ada banyak manfaat asuransi yang sebenarnya sangat penting bagi kehidupan kita sehari-hari.

Hanya saja penilaian negatif yang di berikan kebanyakan orang terhadap produk asuransi membuat banyak dari mereka merasa malas untuk mencari informasi mengenai berbagai manfaat yang di tawarkan.

Lalu apa sajakah keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika membeli produk asuransi? Cari tahu jawabannya melalui pembahasan berikut ini, ya.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Secara umum, ada beberapa manfaat yang di awarkan oleh produk asuransi yang berbeda. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Perlindungan Risiko

Tidak dapat di pungkiri bahwa salah satu manfaat terbesar dari asuransi adalah memberikan perlindungan terhadap risiko kerugian finansial yang disebabkan oleh suatu peristiwa atau bencana tertentu.

Karena kita tidak pernah tahu seperti apa kehidupan di masa depan. Apakah berjalan lancar sesuai rencana, atau ada kendala yang harus diatasi dan mempengaruhi kondisi keuangan.

Oleh karena itu, berbagai jenis asuransi ini dirancang untuk memberikan rasa aman dan ketenangan pikiran kepada pemegang polis ketika menghadapi risiko keuangan.

2. Pengelolaan uang lebih mudah

Mungkin banyak orang yang tidak menyadari bahwa salah satu manfaat asuransi adalah dapat memudahkan Anda dalam mengatur keuangan.

Alasan untuk ini adalah bahwa kebanyakan orang umumnya akan kesulitan mengumpulkan uang, terutama dalam jumlah besar untuk tujuan yang tidak pernah direncanakan atau bahkan terpikirkan oleh mereka.

Sedangkan bencana seperti sakit, kecelakaan, kematian dan kebakaran adalah beberapa contoh kondisi yang tentunya tidak dapat kita kendalikan ketika terjadi.

Oleh karena itu, asuransi dianggap sangat penting karena dapat membantu Anda mengelola dan mengumpulkan berbagai dana untuk menanggung risiko kerugian finansial dari kondisi yang tidak terduga tersebut.

Pasalnya, saat mengambil polis asuransi, Anda harus membayar premi setiap bulannya dengan jumlah nominal yang telah ditentukan pada saat awal akad.

3. Manfaat asuransi untuk melindungi perusahaan

Jika selama ini Anda tahu bahwa asuransi hanya sebatas memberikan manfaat untuk melindungi diri kita sendiri, cara berpikir seperti ini tentu salah.

Pasalnya, perusahaan asuransi juga memiliki jenis produk yang berbeda-beda dimana masing-masing jenis menawarkan manfaat yang berbeda termasuk salah satunya untuk melindungi bisnis.

Melalui produk asuransi bisnis, para pemangku kepentingan bisnis dapat memberikan perlindungan lebih untuk kelangsungan bisnis mereka, menghindari risiko kerugian besar yang dapat mengganggu arus kas perusahaan.

Layanan Asuransi Kesehatan untuk perusahaan

Tentu saja, seperti halnya tubuh kita, bisnis memiliki sejumlah risiko negatif yang perlu dilindungi agar dapat terus berfungsi dan berkembang.

Oleh karena itu, asuransi juga berperan besar disini guna meminimalisir kerugian yang mungkin ditimbulkan.

Lalu apa saja manfaat asuransi bagi bisnis? Pertama, bisnis asuransi yang Anda jalankan memiliki fondasi yang kokoh. Ketika sebuah perusahaan sudah memiliki fondasi yang kokoh, kemungkinan besar perusahaan tersebut akan tumbuh semakin kuat.

Jika demikian halnya, Anda sebagai pemilik bisnis bisa lebih berani mencoba berinovasi baru untuk memperbesar ukuran bisnis karena ada asuransi yang dapat mengantisipasi berbagai risiko yang mungkin muncul.

Selain itu, asuransi juga menawarkan manfaat lain, yaitu perlindungan aset bisnis seperti properti dan personel. Karena jika terjadi kerusakan di kemudian hari, kerusakan ini ditanggung dan ditanggung oleh penanggung (perusahaan asuransi).

Dengan begitu, arus kas perusahaan tidak terganggu oleh pengeluaran tak terduga.

Keuntungan lain yang tidak kalah pentingnya adalah asuransi dapat menutupi hilangnya pendapatan usaha dalam jangka waktu tertentu akibat ketidakmampuan usaha untuk beroperasi secara normal akibat bencana alam, kebakaran dan sebab lainnya.

Sekalipun bisnis harus dihentikan sementara dan otomatis tidak menghasilkan keuntungan, ada perusahaan asuransi yang akan mengganti kerugian pemilik bisnis.

Jenis Asuransi Bisnis

Di Indonesia sendiri, setidaknya ada empat jenis bisnis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi yang berbeda dengan manfaat yang berbeda. Berikut pembahasan selengkapnya.

1. Asuransi Properti

asuransi properti

Asuransi properti adalah produk perlindungan yang mengasuransikan properti seperti rumah tinggal, apartemen, bangunan komersial dan tempat komersial dari berbagai risiko kerusakan, pencurian dan kebakaran.

Jenis asuransi ini juga biasanya mencakup perlindungan untuk peralatan, furnitur, papan nama, dan barang inventaris.

Namun, asuransi properti tidak memberikan perlindungan atas kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam seperti banjir dan gempa bumi.

2. Asuransi Kesehatan kewajiban hukum

asuransi kewajiban hukum

Asuransi tanggung jawab hukum yang diluncurkan di situs resmi OJK adalah asuransi di mana penanggung membayar ganti rugi sebesar nilai tertentu, karena tertanggung secara hukum berkewajiban membayar kerugian harta benda yang diderita seseorang (pihak ketiga) karena telah mengalami kelalaian atas bagian dari tertanggung.

Jika ternyata, misalnya, logo perusahaan Anda mirip dengan pesaing yang ada, Anda akan dihukum dengan denda berdasarkan hukum pidana.

Jadi, dengan asuransi tanggung jawab hukum ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar denda karena perusahaan asuransi akan menanggungnya.

Jenis asuransi ini tentunya sangat penting untuk melindungi bisnis Anda dari risiko kerugian finansial akibat tuntutan hukum pihak ketiga.

3. Asuransi Kompensasi Pekerja

asuransi kompensasi kerja

Asuransi Kompensasi Pekerja adalah jenis asuransi bisnis yang memberikan penggantian gaji dan tunjangan kesehatan kepada pekerja yang mengalami kecelakaan saat menjalankan tugas pekerjaannya.

Jenis asuransi ini memberi pekerja perlindungan di kemudian hari yang mencakup perawatan medis, cacat, dan tunjangan kematian.

Dengan begitu, perusahaan tidak perlu mengeluarkan uang untuk memberikan kompensasi kepada pekerja yang berpotensi mengganggu arus kas perusahaan.

4. Asuransi Gangguan Usaha

asuransi gangguan bisnis

Asuransi gangguan usaha adalah jenis produk asuransi yang menjamin hilangnya keuntungan atau pendapatan yang mungkin timbul sebagai akibat dari kebakaran, bencana alam dan peristiwa lain yang mempengaruhi usaha.

Jadi, jika bencana seperti kebakaran tiba-tiba mempengaruhi bisnis yang Anda jalankan dalam operasinya hingga kehilangan pendapatan untuk jangka waktu tertentu, maka asuransi gangguan bisnis akan memberikan kompensasi kepada Anda atas gangguan bisnis tersebut.

Semoga bermanfaat artikel berikut ini ! Baca juga artikel lainnya mengenai : Sejarah Daster

Leave a Comment