Memilih Perusahaan Sekuritas

Jika Anda ingin atau sudah menjadi investor di pasar modal, pastilah memahami bahwa setiap transaksi harus melalui pialang atau broker atau perusahaan sekuritas. Ada ratusan perusahaan sekuritas yang beroperasi di Indonesia. Perusahaan sekuritas sama dengan perusahaan-perusahaan lainnya yang saling berkompetisi dan memiliki kinerja yang berbeda. Sebagai investor sudah selayaknya memilih perusahaan sekuritas yang memiliki kinerja baik sebagai tempat bertransaksi saham Anda. Bagaimana caranya memilih perusahaan sekuritas yang bagus dan mumpuni ? Anda harus teliti sebelum menentukan perusahaan sekuritas yang akan Anda gunakan dalam berinvestasi. Pastikan Anda memilih perusahaan sekuritas yang bagus dan benar. Pada dasarnya, Anda harus memilih perusahaan sekuritas yang bereputasi baik dan dapat dipercaya.

Dalam memilih perusahaan sekuritas yang tepat untuk bertransaksi di bursa, Anda perlu meneliti beberapa hal yang berkaitan dengan profil perusahaan sekuritas. Hal mendasar yang layak menjadi pertimbangan adalah jasa yang ditawarkan dan biaya transaksi (komisi) yang dikenakan kepada Anda sebagai investor. Ada dua jenis perusahaan sekuritas atau pialang, yang pertama disebut discount broker (jasa tak penuh). Perusahaan sekuritas tersebut hanya memberikan jasa sebagai perantara jual beli saja (simply broker) dan tidak membantu investor dalam menentukan strategi bertransaksi juga tidak memberikan jasa nasihat. Perusahaan ini hanya melaksanakan amanat dari investor dan memenuhi kewajibannya, seperti laporan pembelian dan penjualan. Yang kedua adalah full service broker (jasa penuh). Perusahaan sekuritas jenis ini bertindak sebagai perantara jual beli serta juga memberikan jasa nasihat investasi yang tentu saja membantu investor dalam mengambil keputusan. Perusahaan sekuritas dengan pelayanan penuh seperti ini memiliki divisi riset, pengamatan dan analisis pasar satu per satu, ada kliping surat kabar dan analis investasi untuk memberikan rekomendasi sampai pada portfolio komplit dengan risk management-nya kepada Anda. Sudah barang tentu, biaya yang harus dibayar investor jadi membengkak. Berikut ini adalah kriteria dalam memilih perusahaan sekuritas :

  • Memiliki ijin
    Bisnis pialang basisnya sama dengan bank, yaitu kepercayaan. Pialang harus memiliki ijin wakil perantara pedagang efek (WPPE), wakil manajer investasi (WMI) dan wakil penjamin emisi (WPE) yang dikeluarkan oleh Bapepam. Sedangkan untuk terdaftar di BEI, mereka harus memiliki Surat Persetujuan Anggota Bursa (SPAB). Dengan legalitas ini lembaga-lembaga tersebut melindungi dana nasabahnya. Jika terjadi kesalahan yang merugikan, Anda bisa mengadukan masalah itu kepada BEI (Bursa Efek Indonesia) maupun Bapepam-LK (Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan.

  • Pengalaman
    Pastikan Anda memilih perusahaan sekuritas yang sudah berpengalaman dan beroperasi sejak lama, perhatikan juga posisi modal dan pemegang sahamnya.

  • Kemampuan riset
    Perusahaan sekuritas yang berkualitas harus memiliki unit riset dan analis yang kompeten, netral dan objektif dalam melakukan riset (berkualitas dan komprehensif). Ini dapat dicek dari hasil riset mereka, yang dikeluarkan secara resmi termasuk rekomendasi (ketepatan dari rekomendasi tersebut). Seberapa banyak dan sering riset (kualitas dan analisis yang tepat) yang dilakukan oleh sebuah perusahaan sekuritas. Semakin besar cakupan dan sering risetnya, maka semakin berkualitas perusahaan tersebut karena perusahaan tersebut berarti memiliki banyak analis yang memantau dan menganalisis emiten di pasar modal.

  • Bersih dari sanksi
    Pastikan Anda tidak memilih perusahaan sekuritas yang sudah sering terkena sanksi dari otoritas bursa. Pilihlah yang memiliki track record bersih dari pelanggaran-pelanggaran.

  • Jumlah investor
    Perhitungkan berapa banyak jumlah investor yang memakai jasa pialang tersebut. Jika seorang pialang melayani terlalu banyak nasabah, maka mutu pelayanannya tidak akan optimal.

  • Modal dan likuiditas
    Telitilah modal kerja bersih disesuaikan (MKDB) perusahaan sekuritas yang Anda minati. Semakin besar modalnya, semakin kuat sekuritas tersebut. Dengan modal yang besar akan semakin banyak transaksi yang dilakukan dan semakin banyak pula aktivitas bisnis yang dijalani.
    Selain modal perhatikan juga likuiditas dari perusahaan sekuritas tersebut. Likuiditas ini merupakan perbandingan aset lancar dengan kewajiban lancar. Jika aset lancarnya lebih besar dibandingkan kewajiban lancar, berarti likuiditasnya baik. Demikian pula sebaliknya.

  • Data realtime
    Data realtime atau Informasi aktual mengenai perdagangan saham atau hal-hal yang mempengaruhinya merupakan hal mendasar yang harus dimonitor. Pilihlah perusahaan sekuritas yang menyediakan fasilitas mengakses data realtime secara gratis.

  • Komisi (Biaya transaksi)
    Komisi atau fee ini berdasarkan setiap transaksi yang dilakukan investor (jual atau beli). Pilihlah biaya yang paling murah, tapi tidak mengabaikan kualitas pelayanan. Selain itu, pastikan berapa jumlah deposit minimal yang harus Anda setorkan dan konfirmasikan juga bunga yang Anda terima atas deposit pada perusahaan sekuritas tersebut.

  • Transparan
    Transaksi jual beli saham selalu tercatat. Sebagai investor Anda dapat mengecek benar tidaknya transaksi Anda. Saat perusahaan sekuritas tersebut melakukan transaksi, Anda dapat melihat apakah perusahaan efek tersebut memasukan nama Anda atau tidak.

  • Fasilitas
    Pastikan Anda mendapatkan fasilitas susuai harapan, seperti margin trading, melaporkan penempatan dananya, kejelasan aliran dananya, transparansi setiap trading yang dilakukan, laporan tahunan, memberikan informasi mengenai semua transaksi yang dilakukannya dan memberikan analisis, jika memungkinkan rekomendasi portfolio lengkap dengan manajemen resikonya.

  • Pialang online
    Anda dapat melakukan transaksi saham lewat internet (e-trading). Pialang online membutukan realtime online dengan fasilitas dan fitur trading. Kriteria pialang online yang baik adalah dapat meneksekusi trading dengan cepat.
  • Peran perusahaan sekuritas atau pialang memang sungguh penting dalam transaksi saham. Karena melalui merekalah jual beli efek dapat dilakukan, maka memilih perusahaan sekuritas yang OK sudah tentu merupakan dambaan semua investor dan Anda harus cermat melihat jasa-jasa yang ditawarkan oleh mereka. Dalam transaksi jual dan beli saham yang sedang berjalan, Anda juga dapat melihat kode sekuritas yang melakukan jual dan beli tersebut. Untuk mengawali perburuan Anda dapat memperoleh informasi dari sahabat, saudara atau rekan bisnis yang sudah berpengalaman bermain saham. Mereka mungkin dapat memberikan rekomendasi mengenai perusahaan sekuritas yang cukup baik.

    Selamat berburu perusahaan sekuritas…!

    • Aldiracita Corpotama
      BII Plaza Tower II, 32nd Fl.
      Jl. MH. Thamrin Kav.51
      Jakarta Pusat 10350
      Telp. 3983-4556, 4557, 4558, 4559, 4560
      Fasilitas : Berita rumor tiap pagi, riset teknikal & fundamental
      Minimal Transaksi : 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 25 juta

    • Amantara Securities
      BII Plaza Tower III, 11th Fl.
      Jl. MH. Thamrin Kav.51
      Jakarta Pusat 10350
      Telp. 392-9601, 9218, 9638, 9588
      Fasilitas : Berita rumor tiap pagi
      Minimal Transaksi : 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 20 juta

    • AmCapital Indonesia
      BRI II Building, Suite 806
      Jl. Jend. Sudirman Kav.44-46
      Jakarta 10220
      Telp. 574-2310, 571-3706
      Fasilitas : Berita rumor tiap pagi
      Minimal Transaksi : 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.36%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 20 juta

    • Andalan Artha Advisindo Sekuritas
      Artha Graha Building, 26th Fl.
      Jl. Jend. Sudirman Kav.52-53
      Jakarta
      Telp. 515-2640, 3747, 2644
      Fasilitas : Berita rumor tiap pagi, riset teknikal & fundamental
      Minimal Transaksi : Rp. 100 juta
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 100 juta

    • Anugrah Securindo Indah
      Komplek Ruko Cempaka Mas
      Blok M1 No.48, Cempaka Putih
      Jakarta
      Telp. 428-0433
      Fasilitas : Berita rumor tiap pagi
      Minimal Transaksi : 2 lot
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 25 juta

    • Bahana Securities
      Niaga Tower, 18th Fl.
      Jl. Jend. Sudirman Kav.58
      Jakarta 12190
      Telp. 250-5080, 5070, 5071
      Fasilitas : Riset teknikal & fundamental
      Minimal Transaksi : Rp. 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 300 juta

    • Bhakti Securities
      Menara Kebon Sirih, 4th Fl.
      Jl. Kebon Sirih No.17-19
      Jakarta Pusat 10340
      Telp. 392-2000, 5000, 3983-6868
      Fasilitas : Berita rumor tiap pagi, riset teknikal & fundamental
      Minimal Transaksi : 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 25 juta

    • Binaartha Parama
      Setiabudi Atrium Lt.5, Suite 502A-503
      Jl. HR. Rasuna Said Kav.62
      Jakarta 12920
      Telp. 5290-1111, 527-4268
      Fasilitas : Berita rumor tiap pagi
      Minimal Transaksi : 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 30 juta

    • BNI Securities
      BII Plaza Tower II, 32nd Fl.
      Jl. Jend. Sudirman Kav.1
      Jakarta 10220
      Telp. 570-1205, 1203
      Fasilitas : Taplus BNI, berita rumor, riset teknikal & fundamental
      Minimal Transaksi : 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,3%-0.4%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 50 juta / Rp. 25 juta

    • Buana Capital
      Menara Sudirman, 7th A.
      Jl. Jend. Sudirman Kav.60
      Jakarta 12190
      Telp. 522-6847, 5103, 5104, 4936, 7794, 7982, 520-4935, 522-6887
      Fasilitas : Invormasi via telepon
      Minimal Transaksi : rp. 10 juta
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 15 juta

    • Ciptadana Sekuritas
      Gedung Citra Graha, 8th Fl.
      Jl. Gatot Subroto Kav.35-36
      Jakarta 12950
      Telp. 523-2500, fax. 5290-0360
      Fasilitas : -
      Minimal Transaksi : 25 juta
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.3%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 25 juta

    • Citi Pasific Securities
      BII Plaza Tower III, 11th Fl.
      Jl. MH. Thamrin Kav.51
      Jakarta Pusat 10350
      Telp. 3983-4668
      Fasilitas : Berita rumor tiap pagi
      Minimal Transaksi : 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 25 juta

    • Dinar Sekuritas
      Artha Graha Building, 23rd Fl.
      Jl. Jend. Sudirman Kav.52-53
      Jakarta 12190
      Telp. 515-0111, 5588, 5888, 5532
      Fasilitas : Berita rumor, riset teknikal & fundamental
      Minimal Transaksi : 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 25 juta

    • Dwidana Sakti Sekurindo
      Wisma Slipi, 15th Fl.
      Jl. Letjend. S.Parman Kav.12
      Jakarta Barat 11480
      Telp. 530-7133, 5877
      Fasilitas : Berita rumor tiap pagi, riset teknikal & fundamental
      Minimal Transaksi : 1 lot / Rp. 10 juta
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 50 juta

    • Ekokapital Sekuritas
      Graha Ekonomi, 5th Fl.
      Jl. Setiabudi Selatan Kav.10
      Jakarta 12920
      Telp. 5790-4588, 4580, 4593
      Fasilitas : Galeri, berita via telepon, riset teknikal & fundamental
      Minimal Transaksi : 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 15 juta

    • Evergreen Capital
      Panin Bank Center, 1st Fl.
      Jl. Jend. Sudirman No.1, Senayan
      Jakarta 10270
      Telp. 573-9510, 9508
      Fasilitas : Galeri, berita rumor tiap pagi, riset teknikal & fundamental
      Minimal Transaksi : 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 50 juta

    • Harita Kencana Securities
      Panin Bank Building, 6th Fl.
      Jl. Jend. Sudirman No.1, Senayan
      Jakarta 10270
      Telp. 573-5610, 5616, 5611
      Fasilitas : Berita harian
      Minimal Transaksi : 10 lot
      Fee Jual-Beli : 0,3%-0.4%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 100 juta

    • Intiteladan Arthaswadaya
      Berca Indonesia Building, 4th Fl. Suite 402
      Jl. Palmerah Utara No.14
      Jakarta Barat 11480
      Telp. 532-4985, 4987, 534-7587
      Fasilitas : Galeri-RTI
      Minimal Transaksi : 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.3%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 5 juta

    • Kapita Sekurindo
      Jl. Batu Jajar No.35B, Hayam Wuruk
      Jakarta Barat
      Telp. 384-4133, 352-1411
      Fasilitas : Berita rumor tiap pagi
      Minimal Transaksi : 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 25 juta

    • Kapitalindo Utama
      Kompl.Graha Cempaka Mas, Rukan Blok B-25
      Jl. Letjen. Suprpto
      Jakarta 10640
      Telp. 426-6723, 1742, 1743, 6716, 6717, 515-0218, 0219
      Fasilitas : Galeri, berita rumor tiap pagi, riset teknikal & fundamental
      Minimal Transaksi : 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35% atau Rp. 15.000 per hari
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 20 juta

    • Madani Securities
      Perkantoran Taman A-9 Unit B, Lt.1-#.
      Jl. Mega Kuningan, HR.Rasuna Said
      Jakarta 12940
      Telp. 576-1183, 2262
      Fasilitas : Berita rumor tiap pagi
      Minimal Transaksi : 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 25 juta

    • Mitra Investdana Sekurindo
      Enterprise Building, 4th Fl.
      Jl. HR. Rasuna Said Kav C-5
      Jakarta 12940
      Telp. 522-9073, 9081
      Fasilitas : Galeri, berita via telepon, riset teknikal & fundamental
      Minimal Transaksi : 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 25 juta

    • NET Sekuritas
      Wisna Indocement, 2nd Fl.
      Jl. Jend. Sudirman Kav.70-71
      Jakarta 12190
      Telp. 252-2828, 0456
      Fasilitas : Galeri, konfirmasi perdagangan, report, riset teknikal & fundamental
      Minimal Transaksi : 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 20 juta

    • Panca Global Securities
      Jakarta Stock Exchange Tower I, 17th Fl. Suite 1706A
      Jl. Jend. Sudirman Kav.52-53
      Jakarta 12190
      Telp. 515-5456, 5466
      Fasilitas : Berita rumor tiap pagi, riset teknikal & fundamental
      Minimal Transaksi : 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 25 juta

    • Paramitra Alfa Sekuritas
      Menara DEA, 6th Fl. Suite 602
      Kawasan Mega Kuningan,
      Jl. Mega Kuningan Kav.E.4.3 No.1
      Jakarta 12950
      Telp. 576-1225, 576-1256
      Fasilitas : Galeri, konfirmasi perdagangan, report, riset teknikal & fundamental
      Minimal Transaksi : 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 50 juta

    • Samuel Sekuritas Indonesia
      Menara Imperium Unit B, 16th Fl.
      Jl. HR. Rasuna Said Kav.1
      Jakarta 12980
      Telp. 8370-1608, 8317-473
      Fasilitas : Galeri, berita rumor tiap pagi, riset teknikal & fundamental
      Minimal Transaksi : 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 100 juta

    • Sinar Mas Sekuritas
      BII Plaza Tower III Room 501, 5th Fl.
      Jl. MH. Thamrin Kav.51
      Jakarta 10350
      Telp. 392-5550, 392-5540
      Fasilitas : Galeri, berita rumor tiap pagi, riset teknikal & fundamental
      Minimal Transaksi : 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 50 juta

    • Tiga Pilar Sekuritas
      Wisma Bank Dharmala, 6th Fl.
      Jl. Jend. Sudirman Kav.28
      Jakarta 12920
      Telp. 522-7488, 7477, 7479, 7535, 7487, 1876, 521-1938
      Fasilitas : Konfirmasi Pembelian, galeri, riset tiap pagi via e-mail
      Minimal Transaksi : 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,25%-0.35%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 30 juta

    • Trimegah Securindo Lestari
      Artha Graha Building, 18th Fl.
      Jl. Jend. Sudirman Kav.52-53
      Jakarta 12190
      Telp. 515-2233, 2345, 2320, 2329
      Fasilitas : Galeri, berita rumor tiap pagi, riset teknikal & fundamental
      Minimal Transaksi : 1 lot
      Fee Jual-Beli : 0,3%-0.4%
      Deposit/Setoran Awal : Rp. 100 juta



Disclaimer: Situs ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi, pengetahuan dan pendidikan. Semua link hanya bertujuan untuk informasi saja. Konsultasikan dengan profesional atau praktisi sebelum membuat keputusan investasi Anda.