loading...

Reksa Dana Untuk Pemula (Perencanaan Keuangan) - Part 3

Reksa dana memberikan keuntungan bagi investor tanpa harus selalu memonitor aktivitas perdagangan di bursa saham karena investasinya di urus oleh pengelola reksa dana atau manajer investasi. Selain kemudahan itu masih ada beberapa manfaat atau keuntungan lagi yang Anda dapatkan apabila Anda berinvestasi pada reksadana, seperti :

  • Diversifikasi investasi dan penyebaran resiko
    Besarnya dana yang dikelola oleh reksa dana memungkinkan pengelola untuk mendiversifikasikan investasinya ke berbagai jenis efek (saham, obligasi, pasar uang), tidak tergantung pada satu atau beberapa instrumen saja, sehingga ada penyebaran resiko (minimalisasi resiko).

  • Dana pembelian reksa dana relatif murah
    Secara tidak langsung Anda dapat membeli saham Blue Chip atau obligasi yang harganya sangat mahal melalui reksa dana walaupun dalam jumlah kecil. Jumlah investasi relatif rendah namun memiliki akses benefit berinvestasi seperti halnya dalam jumlah yang lebih besar.

  • Pengelolaan portofolio yang profesional
    Dana Anda di kelola oleh tenaga profesional dan berpengalaman yang disebut sebagai manajer investasi, mereka mempunyai akses informasi pasar melalui banyak sumber, sehingga dapat mengambil keputusan yang lebih akurat untuk kepentingan investasi Anda. Anda juga bebas dari pekerjaan administrasi dan analisa investasi, sehingga Anda melakukan investasi dengan mudah dan fleksibel.

  • Biaya rendah
    Biaya relatif akan lebih kecil karena dana di kelola dalam jumlah yang sangat besar secara profesional, sehingga akan menciptakan efisiensi dalam pengelolaannya.

  • Likuiditas terjamin
    Apabila Anda ingin menjual kembali reksa dana Anda, maka manajer investasi wajib membelinya kembali.

  • Pemerataan kesempatan investasi
    Pasar modal selama ini masih dianggap sebagai lahan investasi bagi para pemilik modal besar atau bagi yang memiliki akses informasi yang baik. Melalui reksa dana, investor pemilik modal kecil mendapat kesempatan untuk ikut menanam uangnya di pasar modal.

  • Aman dan transparansi dalam informasi
    Seluruh aset reksa dana disimpan dan dijaga oleh pihak ke tiga, yaitu bank kustodian dan diaudit dua kali dalam setahun oleh akuntan publik. Manajer investasi harus mengeluarkan laporan Nilai Aktiva Bersih dalam surat kabar setiap hari dan menerbitkan laporan keuangan setiap semester agar investor dapat mengetahui perkembangan dana investasinya. Setiap investasi diawasi oleh Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM) dan dilindungi Undang-Undang.

Reksa dana yang merupakan salah satu wadah investasi secara kolektif dapat menjadi pilihan investasi yang tepat untuk menyimpan uang Anda. Pahamilah tujuan Anda berinvestasi dalam reksa dana dan berapa tingkat penghasilan yang Anda inginkan. Jika semua keperluan sudah direncanakan dengan matang, maka untuk memenuhi kebutuhan itu pun relatif lebih mudah ketersediaannya. Biasakanlah melakukan investasi dengan teratur setiap bulan dari bagian gaji yang Anda terima sebelum semuanya habis dibelanjakan. Dengan berinvestasi di reksa dana, maka Anda sedang berinvestasi untuk perencanaan keuangan jangka panjang. Selamat berinvestasi dan menikmati hasil investasi Anda dari reksa dana...!



Disclaimer: Situs ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi, pengetahuan dan pendidikan. Semua link hanya bertujuan untuk informasi saja. Konsultasikan dengan profesional atau praktisi sebelum membuat keputusan investasi Anda.